Definisi Matriks Matematika Secara Umum

Definisi Matriks - Bagi anak SMA atau SMK, matriks adalah materi matematika yang cukup menyenangkan. Sebab, sebagian besar materi pada jenjang ini cukup menguras pikiran. Secara umum matriks adalah element-element seperti bilangan dan simbol yang disusun berdasarkan kolom dan baris. Banyak juga yang menyebut bahwa element-element seperti ini disebut anggota matriks.

Dalam matriks ada yang namanya ordo. Ordo matriks berarti ukuran banyaknya kolom dan baris suatu matriks. Ada matriks yang berordo 2x2, 3x2, dan 3x3. Bagian depan adalah banyaknya baris (x) banyaknya kolom. Biasa ditulis A2x2, A3x2 dan sebagainya.


A adalah matriks berordo 2x2 ditulis A2x2, sedangkan B adalah matriks berordo 3x3 ditulis B3x3.

Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.



A =
\begin{bmatrix}
a_{11} & a_{12} & a_{13} \\
a_{21} & a_{22} & a_{23} \\
a_{31} & a_{32} & a_{33} \\
\end{bmatrix}
\!


Secara umum, matriks dinyatakan dalam dalam tanda kurung atau siku tegak seperti dibawah ini:
 \mathbf{A} = 
 \begin{bmatrix}
 a_{11} & a_{12} & \cdots & a_{1n} \\
 a_{21} & a_{22} & \cdots & a_{2n} \\
 \vdots & \vdots & \ddots & \vdots \\
 a_{m1} & a_{m2} & \cdots & a_{mn}
 \end{bmatrix}.
sumber : wikipedia
Jika belum paham, silahkan mengajukan pertanyaan pada kolom komentar, secara cepat akan kami jawab. Mungkin itu saja kawan informasi yang bisa ane berikan tentang Definisi Matriks Matematika Secara Umum semoga bermanfaat buat kalian semua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment