Materi SMP Bentuk Aljabar, Pengenalan Dasar atau Unsurnya

Materi SMP Bentuk Aljabar, Pengenalan Dasar atau Unsurnya - Dalam kehidupan sehari-hari kita takkan lepas dari yang namanya matematika. Semua orang pernah mengalami dan akan terus mengalami semasa hidupnya. Karena matematika adalah ilmu pasti, banyak orang yang menganggap pelajaran atau materi ini susah. Sebetulnya, jika kita merasa senang saat mempelajarinya, dalam menentukan permasalahan akan terasa mudah atau gampang.

Bicara lagi soal matematika, saya akan membahas salah satu materi yakni Bentuk Aljabar. Biasanya materi ini diberikan pada anak SMP kelas 1 sebagai dasar pengembangan, Yuk langsung ke materi dan simak baik-baik.

BENTUK ALJABAR

1. Pengertian atau Unsur Bentuk Aljabar

1.1 Faktor, Konstanta, dan Variabel

Variabel atau biasa disebut peubah adalah lambang pengganti suatu bilangan yang nilainya belum diketahui dengan jelas, dan biasanya dilambangkan dengan huruf kecil. Misal a,b,c,....x,y,dan z.

Konstanta adalah suku dari suatu bentuk aljabar dan itu berupa bilangan tanpa memiliki atau mengandung variabel. Misal 3,6,9,13.

Faktor adalah bilangan asli yang dapat kita jabarkan tetapi memiliki hasil yang sama dengan bilangan sebelumnya. Misal faktor dari x adalah y.z atau y/z.

Contoh :
- x, 2y, x+3y , 3p+5q, a2 + b + 3 disebut bentuk aljabar.
- ax2 + bx + c = 0 ; a,b,c,x dan 0 adalah lambang-lambang aljabar a dan b disebut
koefisien ; c disebut konstanta ; x2 dan x disebut variabel.

1.2 Suku Sejenis dan Suku Tak Sejenis

Suku bisa kita definisikan sebagai variabel konstanta atau koefisien pada bentuk aljabar yang dapat dipisahkan dengan operasi jumlah atau selisih.

Suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel atau pangkat masing-masing yang sama. Contoh : 3x dan 5x, 4y dan y, 2a2 dan a2.

Suku tak sejenis adalah suatu suku dimana variabel atau pangkat masing-masing tidak sama. Contoh : 3x dan -2y, 7a dan 1b.

Macam Suku

- Suku Satu merupakan bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi baik jumlah ataupun selisih. Contoh : 3x, 5a, 9z.
- Suku Dua merupakan bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah ataupun selisih. Contoh : 3x - 5y, 6a + b.
- Suku Tiga merupakan bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi selisih atau jumlah. Contoh : 3x2 + 5y - z.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan tentang Materi SMP Bentuk Aljabar, Pengenalan Dasar atau Unsurnya semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment