Operasi Pecahan Bentuk Aljabar, Contoh Soal dan Pembahasan

Operasi Pecahan Bentuk Aljabar, Contoh Soal dan Pembahasan - Pecahan adalah salah satu bab matematika yang cukup rumit dan membingungkan bagi setiap pelajar. Namun jika kita cermati dan pahami betul materi ini, sangat mudah untuk mengerjakannya. Dari mulai SD hingga selanjutnya, pecahan akan terus digunakan. Materi ini termasuk materi dasar.

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya operasi pecahan pada bentuk aljabar. Sebetulnya sama halnya bentuk aljabar pada umumnya, hanya saja sekarang terdapat pembilang dan penyebut yang harus disamakan. Langsung saja ke TKP.

OPERASI PADA BENTUK ALJABAR
- Pecahan -

Contoh pecahan dalam bentuk aljabar :

1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Bentuk Aljabar

Konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan pada bentuk aljabar sama halnya dengan pengurangan dan penjumlahan pecahan pada umumnya, yaitu dengan menyamakan penyebutnya terlebih dahulu kemudian baru dijumlahkan atau dikurangkan sesuai soal.

Contoh :













2. Perkalian dan Pembagian Pecahan Bentuk Aljabar

a. Perkalian

Pada perkalian bentuk aljabar, cara penyelesaiannya dengan mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.




Contoh :




b. Pembagian

Pembagian pecahan bentuk aljabar penyelesaiannya sama halnya dengan pecahan pada umumnya. Yakni dengan membalik pembilang menjadi penyebut atau sebaliknya pada bilangan ke-2.




Contoh :








3. Pemangkatan Pecahan Bentuk Aljabar

Pemangkatan pecahan bentuk aljabar adalah perkalian pecahan bentuk aljabar itu sendiri sebanyak (n) kali.

Contoh :




Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan tentang Operasi Pecahan Bentuk Aljabar, Contoh Soal dan Pembahasan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
September 18, 2015 at 5:58 AM ×

Thank you atas ilmunya :D

Reply
avatar
Anonymous
admin
December 9, 2015 at 10:56 AM ×

Terima kasih banyak!!

Reply
avatar
HD
admin
April 6, 2016 at 8:21 PM ×

Yoi yoi makasih

Reply
avatar
Thanks for your comment